Jumat, 05 Juli 2013

Laporan Termodinamika II

Percobaan 2 : Aliran kalor secara konduksi

Tujuan :
Setelah melakukan percobaan ini mahasiswa di harapkan, dapat : Menunjukkan terjadinya peristiwa konduksi.

Dasar Teori
Konduksi adalah proses perpindahan kalor di mana kalortersebut mengalir dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah dalam suatumedium atau antara medium yang berlainan yang bersinggungan secara langsung.Konduksi dapat berlangsung dalam zat padat, zat cair, atau zat gas. Konduksi kalor pada banyak materi dapat digambarkan sebagai hasil tumbukan molekul-molekul. Pada logam,menurut teori modern, tumbukan antara elektron-elektron bebas di dalam logam dan dengan atom logam tersebut terutama mengakibatkan untuk terjadinya konduksi.
Alat dan Bahan :
a.       Lilin
b.      Korek api
c.       Penggaris
d.      Kain
Langkah Kerja :
1.      Menyalakan lilin dengan menggunakan korek api
2.      Memegang ujung penggaris besi yang akan dibakar bagian ujung yang lainnya dengan menggunakan kain.
3.      Memanaskan ujung penggaris besi diatas lilin.
4.      Setelah sekian lama, meletakkan penggaris di atas meja, kemudian meraba bagian ujung yang tidak dipanasi di atas lilin. Mencatat apa yang didapat.
5.      Menyimpulkan kegiatan tersebut.

Data Hasil Pengamatan
Hasil yang didapat dari percobaan ini yaitu setelah beberapa menit kemudian ujung penggaris besi yang tidak dipanaskan diatas lilin terasa hangat, dan jika teralu lama makan akan terasa panas.

Pembahasan

http://htmlimg2.scribdassets.com/2pje07omio1p1vdy/images/3-2c33c54b6d.jpg

Dalam perobaaan aliran secara konduksi ini,  alat dan bahan yang diperlukan sangat sederhana. Hal pertama yang dilakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan, kemudian melakukan percobaan, kemudian melakukan pengamatan.
Pada waktu melakukan pengamatan, lama-kelamaan ujung penggaris besi yang tidak dipanasi dengan menggunakan lilin terasa hangat kemudian terasa panas. Hal ini dapat dijelaskan yaitu pada ujung penggaris yang dipegang oleh pengamat terasa hangat karena adanya perpindahan kalor melalui besi.

Kesimpulan
Kesimpulan yang didapat dari percobaan ini yaitu pada percobaan memanaskan penggaris besi diatas lilin terjadi pepindahan kalor secara konduksi.
Konduksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat, disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut dari daerah bersuhu tinggi ke suhu rendah.


0 komentar:

Posting Komentar

 

mejiaprillia.blogspot.com Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez