Jumat, 05 Juli 2013

percobaan Termometer Sederhana

Membuat Termometer Sederhana

Tujuan :
Setelah melakukan percobaan ini mahasiswa di harapkan, dapat : membuat termometer sederhana.

Dasar Teori                       
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (derajat panas atau dingin) suatu benda.Termometer menggunakan zat yang mudah berubah sifat  akibat perubahan suhu (sifat termometrik benda). Raksa (Hg) dan Alkohol mudah memuai akibat perubahan suhu, sifat termometrik inilah yang dipakai pada termometer zat cair.
Namun kita juga bisa membuat termometer sendiri dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita, yaitu yang disebut dengan termmeter sederhana.
Alat dan Bahan :
1.      Air atau alkohol
2.      Pewarna
3.      Botol
4.      Sedotan
5.      Malam/ plastisin atau tanah liat
Langkah Kerja :
1.      Menuangkan sedikit air yang diberi warna ke dalam botol.
2.      Memasukkan sedotan minuman hingga menyentuh permukaan air dalam botol.
3.      Menutup dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin atau tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk.
4.      Menggosok dengan tangan botol tersebut atau menempelkan kain hangat pada botol dan jika diperhatikan baik-baik air dalam sedota akan mulai naik.

Data Hasil Pengamatan
Hasil yang didapat dari percobaan ini yaitu air naik melalui sedotan, ketika botol terasa hangat setelah botol digosok dengan tangan.


Pembahasan
Hal pertama yang dilakukan dalam percobaan ini yaitu menyiapkan alat dan bahan, kemudian mengikuti langkah percobaan sesuai dengan petunjuk percobaan, setelah itu melakukan pengamatan dn mencatat hasilnya.
Hasil yang didapat dari percobaan ini yaitu air naik melalui sedotan, ketika botol terasa hangat setelah botol digosok dengan tangan.
Hal ini disebabkan karena udara yang terhalang di dalam botol akan memuai saat pemanasan dan menekan ke permukaan air. Hal ini menyebabkan air di dalam sedotan bergerak naik. Naiknya air menunjukkan tingkat panas pada saat itu.

Kesimpulan

Kesimpulan yang didapat dari percobaan ini yaitu dengan adanya pemuaian pada air yang terdapat dalam satu wadah, maka akan menyebabkan penekanan pada permukaan air, sehingga air dalam sedotan akan naik ke atas seperti halnya pada saat termometer menunjukkan skala pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

mejiaprillia.blogspot.com Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez